anak kecil jangan dipukul
ilustrasi: anak kecil dipukul, tolong jangan lakukan ini.

Untuk para orang tua yang anaknya rada nakal dikit, jangan dipukul yah. Tolong baca kisah nyata yang menyentuh hati ini, cerita tentang Ita yang memohon papanya untuk kembalikan tangannya.

Sebagai orang tua kita patut menghalangi perbuatan pasangan untuk memukul sang buah hati.
Khususnya pada anak-anak yang masih kecil dan tak tahu apa-apa. Mengajar dengan cara memukul bukanlah cara terbaik.

Inilah kisah nyata itu:

Sepasang suami isteri seperti pasangan lain di kota-kota besar meninggalkan anak-anak untuk diasuh pembantu rumah ketika mereka bekerja. Anak tunggal pasangan ini, gadis kecil berusia tiga setengah tahun. Sendirian di rumah, dia sering dibiarkan pembantunya yang sibuk bekerja.

Dia bermain diluar rumah. Dia bermain ayunan, berayun-ayun di atas ayunan yang dibeli papanya, ataupun memetik bunga matahari, bunga kertas dan lain-lain di halaman rumahnya.

Suatu hari dia melihat sebatang paku karat. Dia pun mencoret semen tempat mobil ayahnya diparkirkan tetapi karena lantainya terbuat dari marmer, coretan tidak kelihatan. Dicobanya pada mobil baru ayahnya. Ya… karena mobil itu bewarna gelap, coretannya tampak jelas. Apa lagi kanak-kanak ini pun membuat coretan sesuai dengan kreativitasnya.

Hari itu bapak dan ibunya mengendarai motor ke tempat kerja karena jalan macet. Setelah sang anak mencoret penuh sisi yang sebelah kanan dia beralih ke sebelah kiri mobil. Dibuatnya gambar ibu dan ayahnya, gambarnya sendiri, lukisan ayam, kucing dan lain sebagainya mengikuti imaginasinya. Kejadian itu berlangsung tanpa disadari si pembantu rumah.

Pulang petang itu, terkejutlah ayah ibunya melihat mobil yang baru setahun dibeli dengan angsuran. Si bapak yang belum lagi masuk ke rumah ini pun terus menjerit, “Kerjaan siapa ini?” Pembantu rumah yang tersentak dengan jeritan itu berlari keluar. Dia juga beristighfar. Mukanya merah padam ketakutan lebih-lebih melihat wajah bengis tuannya.

Sekali lagi diajukan pertanyaan keras kepadanya, dia terus mengatakan ‘Tak tahu… !” “Kamu dirumah sepanjang hari, apa saja yg kau lakukan?” hardik si isteri lagi. Si anak yang mendengar suara ayahnya, tiba-tiba berlari keluar dari kamarnya. Dengan penuh manja dia berkata “Ita yg membuat itu papa…. cantik kan!” katanya sambil memeluk papanya ingin bermanja seperti biasa. Si ayah yang hilang kesabaran mengambil sebatang ranting kecil dari pohon bunga raya di depannya, terus dipukulkannya berkali-kali ke telapak tangan anaknya.

Si anak yang tak mengerti apa-apa terlolong-lolong kesakitan sekaligus ketakutan. Puas memukul telapak tangan, si ayah memukul pula belakang tangan anaknya. Si ibu cuma mendiamkan saja, seolah merestui dan merasa puas dengan hukuman yang dikenakan. Pembantu rumah terbengong, tidak tahu harus berbuat apa? Si bapak cukup keras memukul-mukul tangan kanan dan kemudian tangan kiri anaknya.

Setelah si bapak masuk ke rumah dituruti si ibu, pembantu rumah menggendong anak kecil itu, membawanya ke kamar. Dilihatnya telapak tangan dan belakang tangan si anak kecil luka-luka dan berdarah. Pembantu rumah memandikan anak kecil itu. Sambil menyiram air sambil dia ikut menangis. Anak kecil itu juga terjerit-jerit menahan kepedihan saat luka-lukanya itu terkena air. Si pembantu rumah kemudian menidurkan anak kecil itu. Si bapak sengaja membiarkan anak itu tidur bersama pembantu rumah.

Keesokkan harinya, kedua belah tangan si anak bengkak. Pembantu rumah mengadu. “Oleskan obat saja!” jawab tuannya, bapak si anak. Pulang dari kerja, dia tidak memperhatikan anak kecil itu yang menghabiskan waktu di kamar pembantu. Si bapak konon mau mengajar anaknya. Tiga hari berlalu, si ayah tidak pernah menjenguk anaknya sementara si ibu juga begitu tetapi setiap hari bertanya kepada pembantu rumah. “Ita demam…” jawap pembantunya ringkas.”Kasih minum obat penurun panas ,” jawab si ibu.

Sebelum si ibu masuk kamar tidur dia menjenguk kamar pembantunya. Saat dilihat anaknya Ita dalam pelukan pembantu rumah, dia menutup lagi pintu kamar pembantunya. Memasuki hari keempat, pembantu rumah memberitahukan tuannya bahwa suhu badan Ita terlalu panas. “Sore nanti kita bawa ke klinik” kata majikannya itu. Sampai saatnya si anak yang sudah lemah dibawa ke klinik. Dokter mengarahkan ia dirujuk ke hospital karena keadaannya serius. Setelah seminggu di rawat inap doktor memanggil bapak dan ibu anak itu.

“Tidak ada pilihan..” katanya yang mengusulkan agar kedua tangan anak itu diamputasi karena gangren yang terjadi sudah terlalu parah.
“Tangannya sudah bernanah, demi menyelamatkan nyawanya kedua tangannya perlu dipotong dari siku ke bawah” kata doktor.

Si bapak dan ibu bagaikan terkena halilintar mendengar kata-kata itu. Terasa dunia berhenti berputar, tapi apa yang dapat dikatakan. Si ibu meraung merangkul si anak. Dengan berat hati dan lelehan air mata isterinya, si bapak terketar-ketar menandatangani surat persetujuan pembedahan.

Keluar dari bilik pembedahan, selepas obat bius yang disuntikkan habis, si anak menangis kesakitan. Dia juga heran melihat kedua tangannya berbalut kasa putih. Ditatapnya muka ayah dan ibunya. Kemudian ke wajah pembantu rumah. Dia mengerutkan dahi melihat mereka semua menangis. Dalam siksaan menahan sakit, si anak bersuara dalam linangan air mata.

“Papa.. Mama… Ita tidak akan melakukannya lagi. Ita tak mau dipukul papa. Ita tak mau jahat. Ita sayang papa.. sayang mama.” katanya berulang kali membuatkan si ibu gagal menahan rasa sedihnya.

“Ita juga sayang Kak Narti..” katanya memandang wajah pembantu rumah, sekaligus membuatkan gadis itu meraung histeris.

“Papa.. kembalikan tangan Ita. Untuk apa diambil.. Ita janji nggak akan mengulanginya lagi! Bagaimana caranya Ita mau makan nanti? Bagaimana Ita mau bermain nanti? Ita janji tdk akan mencoret-coret mobil lagi,” katanya berulang-ulang.

Serasa copot jantung si ibu mendengar kata-kata anaknya. Meraung-raung dia sekuat hati namun takdir yang sudah terjadi, tiada manusia dapat menahannya.

Pelajaran berharga buat para orang tua, anak nakal itu biasa, kalau anak kecil terluka, berilah perhatian sendiri dan jangan bergantung pada pembantu yang pendidikannya lebih terbatas.

Penyesalan SELALU datang terlambat, hindarilah.

Berbagilah kisah mengharukan ini kepada teman-teman dan sanak saudara di Facebook dan Twitter dengan tombol share dibawah ini:

bagi di facebook bagi di twitter

(Visited 213,886 times, 5 visits today)
 

93 Comments

  1. sugeng says:

    dasar orang tua tak memikirkan anak sendiri
    barang bisa dibeli kalau anak cacat tak bisa dibeli kesembuhannya
    dasar orang tua tak punya hati, tak punya kasih sayang terhadap anak

  2. sri nila ningsih says:

    Ya Allah….apakah mobil itu yang lebih berharga dari pada anak nya sendiri yang harus di pukuli seperti itu.apalagi anak yang blum tahu apa2,semoga ini bisa jadi pelajaran buat semua agar tidak mementingkan harta duniawi.klu ini kisah nyata semoga anaknya di beri ketabahan jika sudah besar dan di berikan kemudahan dalam beraktivitas.Orang tua itu pasti akan menyesal seumur hidup jika dia melihat anaknya yang tumbuh besar dan selalu tak berdaya,keceriaan anak kecil itu pasti tidak seperti dulu.membaca cerita ini tak sanggup rasanya menahan air mata,begitu tega nya orang tuanya.apalagi ibunya,yg sehrausnya mempunyai hati nurani tidak sedikit pun dia merasa kasihan kepada anaknya yg sudah di tinggal seharian bekerja namun tak pernah meluangkan waktunya untuk anaknya…astaghfirullahallazim…. semoga kita semua terhindar dari setiap sifat seperti itu…Amiin ya Rabbalalamiinnn..

  3. Rohmad says:

    kalau hati manusia sudah tertutup oleh dunia, maka hal apapun yang ada di hadapannya akan diterjang sekalipun itu keluarganya sendiri, demi melindungi harta duniawinya

  4. papanxa nazrin says:

    Ayah yang bodoh .. lebih sayang mobilnya dari pada anaknya … satu tangan anak ga bakalan bisa diganti dengan 100 mobil sekalipun , pembelajaran buat kita semua

  5. joni putra chania says:

    Jadi sedih gwe bcanya….. nasi udh jdi bubur….penyesalan tiada guna lgi

  6. Muin Abdullah says:

    itulah watak orang tua yang hubbud dunya. mata hati tertutup oleh harta.

  7. toni says:

    Masya allah, bener2.Dimna hati nurani seorang orang tua yang di sayang.bgai mna prasaan orang tuanya klo anak itu bilng minta tanganny di kembalikan….perbuatan biadab itu.

  8. Sandro says:

    Kita sebagai orang tua harus sabar dan iklas dlm menghadapi kehidupan ini,apa yg sdh terjadi jgn disesali tapi dihadapi,jika anak kita berbuat salah atau nakal itu hal yg biasa apalagi anak dibawah 6 thn dia belum bisa berfikir mana yg baik dan mana yg salah,kita sebagai ortu yg harus membimbing dan mendidik krn anak itu adalah titipan Tuhan Yg Maha Kuasa,didiklah anak2 kita dgn baik spy kelak kita sdh menjadi tua merekalah yg akan merawat kita nanti

  9. retno says:

    Anak itu merupakan harta yang paling berharga dalam hidup kita tapi kenapa masih ada orang tua yang tega menyiksa anaknya karena harta benda padahal si kecil ga tau apa yang dilakukan. dan sekarang si kecil cacat seumur hidupnya. Orang tua yang egois

  10. Fajar says:

    Orang tua goblok. Lbh sayang mobil dripada anak. Msh lebih penyayang monyet dripada lu berdua. Monyet aja bisa melihara tarzan smpe perkasa gtu. Lu bapak" punya kontol bisa" nya mukulin anak kecil umur 3,5thn kya mukulin maling anak perempuan lagi. Ibunya juga bego g punya hati nurani. Anak'a dpukulin bisa gtu diem aja. Ngebiarin anak sakit 4 hri tdur sm pembantu?? Mati aja lu berdua kelindes tronton.

  11. novi says:

    Amit2 saya sbg org tua muda sangat menyayangkan hal seperti ini.. Anak nakal itu lumrah dan wajar kalau org tua smpai tega melakukan hal itu lebih baik g usah bikin anak kalo g sanggup ngerawatnya sampek nangis bacanya

  12. cara mendidik yang sangat tidak patut ditiru, namun kebanyakan dikalangan kita menganggap cara seperti itu adalah sebuah kewajaran, tanpa berpikir akibatnya.

  13. nne says:

    ortu macam apa ituu?????????? anak kok di siksa ,bosen hidup kali tuh ortu

  14. Anggrian says:

    Air mata saya PECAH !! Ya Tuhaaan

  15. syawali says:

    Emosi bisa aja .tp yg sepadan.untuk apa di luapkan pd buah hati.yg mengkibatkan luka yg sulit kembali
    , seperti permintaan buah hatimu. Allah membri 1 kesptan.Semoga Allah mengampunikalian. Amiiin.

  16. coby says:

    terlalu mementingkan kendaraan nya

  17. Dewi Vivian says:

    Janganlah dipukuli anakny, bagi kalian yang anaknya nakal, keras kepala, di nasehati saja jangan dipukuli walaupun dia senakal nakalnya. anak tersebut bakal punya dendam sama orangtua tersebut.

  18. zuul says:

    Seharusnya orang tuanya itu dijebloskan kepenjara, karena kdrt . pembantunya jugak gk becus juga, layak dipenjara.

  19. yared says:

    Selagi di berikn anugrah seorng ank dri Tuhan jgalh dn rwtlh…p'nuh kcih cyank
    Pa jdix jika didlm klurga tnpa seorng ank…..pstix bukn kluarga nmx

  20. arya zhubuh says:

    Ya allah gw mungkin gak terlalu suka dengan anak2 tapi gw jjr baca kisah ini air mata gw mengalir dengan sendirinya… Begitu tega orang tua yg melakukan ini hingga hukuman yg diberikan sampai seumur hidup masa allah….

  21. danny wp says:

    yang menyedihkan lagi,ketika papa dan mama nya melihat mobil yang dicoret-coret tadi,ada tulisan LOVE for papa & mama…..sungguh ironis dimana seharusnya orang tua menyayangi putra dan putrinya malah mencederai nya.ini memang kisah nyata,saya pernah membacanya kejadiannya di negara barat cuma lupa negaranya…tolong share kepada yang lain agar supaya kejadian ini tidak terulang…..

  22. Sally says:

    Gak pantas jadi sepasang orang tua… bahkan binatang pun tak permah menyiksa anaknya sendiri

  23. novie says:

    Dasar orang tua gk tau diuntung tu,,ank itu titipan dr tuhan jgn disia2kan..

  24. ririn says:

    gk seharusnya orang tunya memperlakukan anaknya seperti itu anak itu adalah anurgah dari allah

  25. charoll says:

    Orang tua kaya gitu gk pantas hidup,dasar orang tua bego,,,anak itu amanah,titipan dr ALLAH harusnya di jaga,bukan di kasarin, ya wajarlah anak kecil bandel, namanya jg anak2 masih belajar,mah butuh bimbingan dr orang tuanya, makanya klw punya anak jangan terlalu di sibukin dg pekerjaan, harusnya banyakin wktu buat merhatiin si anak, klw sdh kaya gini, anak yg di salahin,pdhl anak gk tau apa2,dia ( si anak ) hanya butuh perhatian org tuanya, walaupun punya pembantu jg,ttp namanya anak msh butuh perhatian org tua,pembantu bukan baby siter yg tugasnya mengasuh anak,pembantu punya banyak pekerjaan rumah, lain dg baby siter, ini orang tuanya aja yg bego, tolol,anak lucu,imut kaya gtu di siksa,rumah tangga itu gk akan bahagia tanpa adanya buah hati,jd tolong yg punya anak jga dg baik,krn anak itu amanah, titipan dr tuhan

  26. pandre says:

    Lebih baik tu orng tuanya di hukum mati saja atau di potong kedua tangannya,, dasar orang tua biadab

  27. geo says:

    bersyukurlah kepada Allah masih diberikan panjang umur.dan bagi pembaca sadar2 dan sadar.(istigfarlah)

  28. Rosna says:

    Semoga ALLAH SWT memberi petunjuk kepada kedua orang tua tersebut , yang telah tega menyiakan titipan NYA.

  29. Riki Hilmawan says:

    apalah arti sebuah MOBIL daripada anak ?
    Ya Allah, jadikanlah hamba suami/ayah yang sadar segalanya akan semua itu titipan-Mu …..

  30. Ayu says:

    Sedih……..no coment

  31. hamdan says:

    Kalo saya tau d hajar tuh bp sama ibu nya,ga pduli dia siapa juga,,dasar binatangg,

  32. risa yuni says:

    dasar orng tua gk tau diri kchan ank tu bgtu keskitan apa gk mikir tah ank kcl di perlakukan kyk gt
    seharusx tu ya di sayang,di perhatikan dll jngn mlh di siksa kyk gt mlhan

  33. Dewi says:

    seorang bapak memang tak seperti ibu yg mengandung dan melahirkan serta merawat dan membesarka, sehingga jika semarah apapun seorang ibu akan memilih marah dgn ucapan bukan tindakan, tpi seorang bapak pasti akan lebih keras dlm mendidik memukul walau pukulannya sudah dgn kadar ringan, seringan apapun fukulan dri orng yg fisik dan kekuatanya lebih besar maka akan sakit bahkan berbahaya…. dsini peran Ibulah yg harus aktif memantau prilaku bapaknya jika bapaknya marah, seharusnya sang ibu bertindak untuk meredam dan melindungi anak, dgan menjauhkan sang anak…. saya sendiri adalang seorang ibu yg dikarunia 1 putri kecil yg lucu, sya jga sering tersulut emosi hingga marah dan menghukum anak sya tpi dgn cara sya…. namun ktika ayahnya yg memukulnya maka akan slalu berujung pertengkaran dgn sya, krna sy mrasa tak bisa anak yg slama ne tumbuh dirahim sya menangis ksakitan karna pukulan, sya akan lebih suka jika ayanya memarahinya dgn teguran bukan pukulan. sya jg yakin tak smua laki2 tu akan keras hati jika jdi seorang ayah, krna bnyak jga kisah seorang ayah yg rela berkorban demi anak2nya, menyanyangi anak2nya melebihi ibu yg mengandungnya… smua kluarga punya cara untuk mendidik anak2nya, dan sdah tugas orang tua mendidik anknya, namun jgn lupa tugas orang tua jga harus menjaga anak2nya, melindungi dan membahagiakan anaknya. smoga bermanfaat

  34. putri wahyuningsih says:

    ya allah tega banget sih orangtuanya.. bener bener ga punya prikemanusiaan,semua hewan aja bisa menjaga buah hatinya masa kita yg d beri akal sehat ga bisa menjaga anak sendiri,,, bener-bener ga punya prikemanusaan ,,,

  35. rahul says:

    Dasar bapak peak kau
    Andai aja kau bapak ku
    Aku bunuh kau

  36. montie says:

    binaTang aja msih tau gmana Mnyayangi dan meLindungi anaK nya… ne Manusia tpi Gak Pake Otak lebih MiLih MobiL baru dripDa aNak nYa…. udaH Mo kiamAt dUNia g Da Lgi rasA sayang Org tua terHadap Anak nya…

  37. didik says:

    Begitu banyak anak yang bernasib malang akibat ketololan orang tuanya…….

  38. azry says:

    Astagfirullah,,, gadis kecil yg malang
    Dasar orang tua yang tak berguna…

  39. devi says:

    Semoga De Ita diberi kekuatan…"menyakiti anak sm juga menyakiti diri sendiri..karena anak2 adalah bagian dr darah daging kita…semoga
    bs menjadi pelajaran buat orangtua yg gk punya hati…

  40. sentot says:

    goblog, tolol. orang tuanya mau gak disiksa seperti dia menyiksa anaknya

  41. Lidya says:

    Masyaallah,,,kasiannya anak ini,,,
    Sungguh sngat biadab kedua ortunya,,,malangnya nasibmu nak dpt ortu sprti mereka,,,
    Mobil tergores msh bisa dicat ulang, tangan anak putus apa bisa digantinya,,,
    Dijamin ini akan jadi penyesalan bagi mereka seumurhidupnya.
    Semoga kau dewasanya menjadi anak yg sukses walaupun memiliki kekurangan ya nak,,,!!!
    Dan semoga tdk berefek buruk ke kejiwaan mu hingga dewasa nanti. Amiiiinnn

  42. dian says:

    astagfirullah…semoga kita bs mjd orangtua yg baik dan pantas untuk anak2 kita. ngerii….

  43. mira says:

    Bkn ibu yg ngelahirin x,msa ga ada perasaan tuk meluk anaknya n ngerawat anaknya,tuk bpknya lebih sayang n mahalan mobil di banding anak x yaaa…anak gw umur 3 thn kebayang sedihnya saat anak sakit pasti yg di panggil n diinginkan pasti mamahnya,,,

  44. oktaviia says:

    dasar orang tau tidak tau diri diluar sana bnyk org yg brhrap smpai mmnta2 tk dberi ank tp dsaat ad org yg diprcy mlh dslh gnkn sprti ap dy pkir mobil lbh mhal dibndingkn dengn senyumn mnis n imut seorg ank

  45. josephine wolff says:

    Harta bisa dicari, anak adalah pemberian Tuhan, jika tidak suka dengan apa yang anak anda lakukan, lihat diri anda sendiri apa yang anda lakukan dimasa lalu tidak meninmpa anak anda dikemudian hari. Menghukum atau memberi disiplin anak harus di ukur dengan umur anak dan sesuai dengan etika dan alasan apa penyebab disiplin diberikan kepada anak anda, Remember your kid is yours responsible not your property…so do not compare with yours money or wealth…

  46. djulia says:

    Yaa allah .. sampaii nangiis aku baca nya .. penyesalan slallu datang terlambatt . Ceriita ini jadi pelajaran buat kiita supaya lebiih perhatiian lagi sama buah hati kiita .. smogga hal yg seperti ini tidak terulang lagii ..

  47. roy says:

    orang tua yang gak bertanggung jawab
    jangan bikin anakj kalau cuma untuk d sakiti

  48. ceper says:

    Klo gua tau org tua'y gua pengen ambil tangan'y tuh biar dia tau rasa hukum khisos hrs d tegakan d indonesia …

  49. kristina says:

    mana ungkapan anak adalah harta paling berharga?apa buat orang tua si ita itu ga ada ya di kamus nya?orang tua bodoh…………….

  50. Halin says:

    saya punya anak perempuan, usianya juga sama 3,5 tahun…
    ini pembelajaran buat kita sebagai orang tua…^_^

  51. rima says:

    Aku pernah lihat kisah ini di film kan di televisi swasta..
    Ya allah, semoga hamba sllu diberi kesabaran dlm mnjadi org tua..
    Ya allah, jauhkan kami dr godaan syetan dan iblis..
    Semoga kami bisa menjaga dan merawat putri kami dlm ridho Mu..
    Amiin ya robbal alamin..

  52. Ronnay Jhawir says:

    Saya sebagai laki2 tentunya bisa menahan air mata .tapi Ketika saya membaca artikel ini sungguh ta kuasa menahan air mata yg jatuh tanpa Ku sadari

  53. ida says:

    anak adalah titipan yg harus dijaga dan dirawat dg baik dan penuh kasih sayang….krn kelak akan kita pertanggung jawabkan…..

  54. lalallaa says:

    Eh… apa orang-orang komen di sini sadar kalau ini cuman cerita ilustrasi?

    *mohon dibaca baik-baik sebelum emosi*

  55. fani says:

    Astagaa.. Ibu macam apa seperti itu,melihat suaminya memukul anaknya bukannya di cegah malah di biarin..
    Orang tua apa itu,mobil bisa di beli,tapi tangan? Apa bisa di beli? Semoga khasus seperti ini tidak akan terulang kembali

  56. Lian saragih says:

    Kasihan pernah terjadi pada diriku anak ku gores mobil tapi apa mau di kata mereka tidak akan tau di marahi percuma,di pukul apa lagi??begitulah kalo punya anak kecil.

  57. iyan says:

    Itu Orang tua tolol seneng nya cuma bikin anak aja .. Bukan nya di jaga anak nya malah di sakitin .. Tolol betolll … Mentolo tak bedill bapak ibuk nya ..

  58. takia says:

    Sedih gue bacanya
    Semoga saya bisa jadi seorang ayah yang baik untuk anak" ku dan menjadi anak yg berbakti pada orang tuaku yg semakin tua.
    #

  59. Dernika says:

    Ini cerita di film, tidak yakin ini fakta, tpi gpp yg penting kta di ingatkan lagi utk tidak di kuasi oleh si setan melalui emosi kita, bayangkan kalau Tuhan membalaskan semua kejahatan kta, bukan hanya tangan yg di potong mungkin kaki,mata mulut dan yg lain sudah harus di amputasi, tpi dalam kenyataan nya semua dibalas dengan kasih

  60. hendri says:

    dasar orang tua biadab……

    mobilnya brapa sih…
    haduhhh… kasian banget anaknya….
    sampe nangis saya bacanya…

  61. ivan says:

    Sedih aj,kok msh ad y ortu tega kayak gitu.Masya Allah…

  62. esi ninda. says:

    Nyesak&tdk bisa tahan air mata…..
    Semoga Putri cantik Ita tabah&kuat menerima semua kejadian yg menimpahnya di kemudian hari,saat dia dewasa nanti.
    Amin.

  63. Gabriel says:

    Orang tua yang leih mengkaatirkan barang" duniawi dan lebih mgnhrgai mobil daripada anak/buah hatinya..Orang tua seperti ini perlu dipenjara seumur hidup..

  64. I Made Suwida says:

    Kasihan sekali. Sampai bikin menangis. Apalah artinya cat mobil dibandingkan anak yang harus kehilangan tanganya hanya karena emosi sesaat. Mari jadikan inj pelajaran dan jangan terulang lagi.

  65. Marsellinus Agin says:

    orang tua yg gak bijak. Pembantunya masih punya hati merawat ita. Nah dua iblis yg katanya òrg tua malah acuh. Dasar org tua Bodoh. Makan tu anak. Geram gue baca ni kisah.

  66. Yudiawan says:

    Jangan katakan itu takdir. sudah kehendak Tuhan. Kalau Tuhan sejahat itu, kerjaan setan apa?

  67. vergilius says:

    papanya yg brengsek.dia lebih memilih sayang ma hartanya dari pada sayang ma buah hatinya. mamanya juga lebih bodoh

  68. boy alexander says:

    Ya Allah maafkan lah Kami para Orang tua,
    Krn hanya kpdmulah tempat kami memohon
    Agar dijauhkan dari sgala kehilafan yg merusak
    Hati dan pikiran kami
    "Agar kami selalu dapat Memberikan Kasih sayang&Perlindungan,
    Yg terbaik Bagi Para Keturunan kami yg mejadi Barokah dan amanah dariMu",Amiin YRA..

  69. Olandgreace says:

    Tdk bs berkata-Kata,,
    Klw s'mua sdh terjadii,,
    Berpikirlah dl sblm bertindak,,,

  70. Indah iskdr says:

    Astaghfirullahalazim, menangis saya membacanya. Kedua orangtuanya lebih menyayangi mobilnya daripada anaknya.

  71. ardhiansyah says:

    Tak terasa mata ini tak kuat menahan kesedihan dn semakin tak kuat membaca kalimat-kalimat sang anak setelah di operasi, msh adkh orgtua yg pny hati sejahat dan sberingas itu pd anakx ya ?

  72. ni ketut darpini says:

    Anak seumur ita blum tau salah benar apayg dia lakukan begitu polos nya dia mengatakan bahwa coretan yg dia lakukan cantik minta pendapat ayahnya seharusnya ayahnya tdk marah seperti itumelihat kepolosan anaknya……klo saya sbagai mama nya tdk akan membiarkan anakku di pukul seperti itu

  73. Meysel says:

    Mnjdi inPirazi bg kita zbgai orng tua dlm mndidik ank lbh baik lgi

  74. rumayomsebranus says:

    Kita hrs budayakan kehidupan kemanusiaan lebih penting dri segalah2nya, karena dgn faktor kekayaan kta bsa membuat mata kita jdi buta terhadap sasama kita terutama keluarga yang kita cintai bsa saj jdi korban akibat gila harta dan hidup egoisme yaitu mengutaman harta benda dari pda manusia.

  75. hery tatsuya says:

    Itu plajaran bgi orang tua dan syang pda anak dngan kisah nyata yg bru kita baca kita bisa mengambil hikmahnya bgai mana cara mendidik anak yg baik.

  76. joanico says:

    Terima kasih atas postingannya, pelajaran yang sangat berharga….

  77. duarte says:

    Ayah kamu tega bangat lakuin hal itu terhadap darah dagingmu,mobil itu harganya tidak melebihi kedua tangan ita.

  78. ika says:

    Allohu akbar,,ya alloh sungguh orang tua yg ga punya rasa kash sayng dia lebh bert terhadp hart bendany di bandngkan buah hatiny dia terbawa dalm kemarahn yg membuatny gelap mata,

  79. hennychentc says:

    Biarkan Tuhan yang menentukanya

    Bonus 10rb id baru
    Telah Hadir http://www.acehpoker.com Agen Poker,DominoQQ & Capsa Online Terbaik dan Terpercaya.

    Hanya dengan Minimal Deposit 25 ribu dan Minimal Withdraw 25 ribu anda dapat bermain di

    acehpoker.com :
    1. Acehpoker memberikan bonus Referral 10% (Seumur Hidup)
    2. Sistem keamanan terjamin dan Data pribadi akan aman bersama kami.
    3. Player Vs Player ( 100% No Robot)
    4. Dengan Sistem Confirm Deposit terbaru Max 2 menit (Jika semua Nama di Id dan di bank
    sama)
    5. CS yang ramah dan Melayani dengan Professional
    6. Online 365 Hari 24 Jam

  80. Roni says:

    Tanpa trs air mataku meleleh dipipi stlah membaca kisahnya.mmg penyeaalan itu datangnya akhir yg tiada berguna.seandainya dunia dpt diputar ulang mngkin tak akan melakukan perbuatan itu lagi.

  81. Wah harus nya dipidanakan ini

  82. astie says:

    Lagi ..netein anak..baca blog ini nangis gak henti2 ..sedih nyaluar biasa liat anaku langsung aku peluk; ( luph u nak *^*

  83. winata says:

    Ita sabar..yah..memang ayah ibumu..setan..
    Sabar nak.hadapi hidup dengan ikhlas…
    Mungkin allah menakdiekan..mu dengan banyak coba an..
    Agar kamu menjadi orang baik kelak

  84. nurjanah says:

    anak adalah titipan allah yg harus kita jaga bukan untuk kita siksa masih bnyak di luar sana yg menginginkan hadir y seorang anak tpi mereka yg di berikan anak malah memnyiksa y bukan menjaga y bodoh

  85. ita says:

    Astagfirullah.. Emng dunia udah dibutakan dgn kemewahan.. Cma gra" mobil tangan anak dikorbankan.. Kalau tangan anak sudah hilang apa ada jualan or gantinya.. Klw mobilkan msih bsa dicari.. Ya allah smpek. NGIS bcanya.. Untung be wong tuo aq dag cak itu.. Wlw hdup kmi cma sederhana.. Yg pnting keharmonisa. Keluarga

  86. What a pity that child ..
    Help for parents or prospective parents, when they have children, please in case ..
    When to tell that child to use language that is fine and good ..
    Children will understand our words ..
    Contacts while toddlers is the child's curiosity and expectation of children to get attention from their parents.
    thank you

  87. rio says:

    ini berita udah se ramai ini apa gak ada tanggapan dari komnas perlindungn anak yah ???lebih baik tembak mati aja itu orang tua nya

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.